7 Manfaat Masker Lidah Buaya Untuk Wajah

7 Manfaat Masker Lidah Buaya Untuk Wajah

Zaman sekarang sudah banyak bahan-bahan alami yang bisa dijadikan untuk perawatan wajah. Salah satunya dengan masker lidah buaya.

Lidah buaya atau aloe vera dapat diolah menjadi berbagai macam produk skin care dan kosmetik. Nah bagi Anda yang sedang mencari-cari cara alami untuk merawat wajah, kenapa tidak mencoba membuat masker lidah buaya?

Menurut beberapa penelitian, lidah buaya dikenal kaya akan senyawa dan nutrisi penting yang baik untuk tubuh maupun kulit wajah. Berikut beberapa cara penggunaan dan manfaatnya.

Manfaat Masker Lidah Buaya dan Cara Penggunaannya

Lidah buaya- cara memutihkan wajah dengan lidah buaya
By Pixabay

1. Melembabkan dan Meremajakan Kulit Wajah

Gel pada daun lidah buaya berfungsi sebagai pelembab alami pada kulit wajah. Bagi Anda yang memiliki kulit kering, lidah buaya dapat menjadi salah satu pelembab alami yang manjur.

Kandungan minyak di dalamnya akan melembabkan dan meningkatkan kadar minyak pada kulit wajah, menghidrasi kulit, meremajakan kulit, dan membuat wajah Anda tampak segar sepanjang waktu.

Cara Penggunaan :

  • Siapkan gel lidah buaya, kurma 2-3 butir, perasan jeruk nipis 3-4 sdm dan irisan mentimun.
  • Haluskan semua bahan tadi menggunakan blender hingga tercampur.
  • Kemudian oleskan pada wajah secara merata.
  • Diamkan sekitar 30 menit, baru bilas mengunakan air dingin hingga benar-benar bersih.

Dengan pemakaian secara rutin, maka kulit Anda akan menjadi lembab namun tetap tidak berminyak.

2. Mengencangkan dan Menunda Penuaan Pada Kulit Wajah

Lidah buaya memiliki zat antioksidan alami yang mampu menyamarkan garis-garis halus kerutan pada kulit wajah, sehingga dapat meremajakan dan menunda penuaan.

Kandungan vitamin C, E, dan beta karotennya juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah, menjaga hidrasi kelembaban dan mengencangkan kulit wajah.

Cara Penggunaan :

  • Siapkan daun lidah buaya dan ekstrak air bunga mawar yang sudah dihaluskan dengan blender.
  • Kemudian oleskan pada permukaan wajah dan pijat-pijat selama 2-3 menit.
  • Diamkan hingga meresap sekitar 15-20 menit, baru bilas dengan air dingin.

Dapat juga menggunakan oatmeal dan irisan mentimun untuk menghilangkan sel-sel kulit mati pada wajah dan mengencangkannya.

3. Mengobati Jerawat dan Komedo Pada Kulit Berminyak

Salah satu manfaat masker lidah buaya selanjutnya yaitu, gel yang ada di dalamnya bersifat anti-mikroba yang dapat membantu melawan bakteri penyebab tumbuhnya jerawat dan menghilangkan komedo pada kulit yang mudah berminyak.

Cara Penggunaan :

  • Haluskan lidah buaya dan campurkan dengan 2-3 sdm madu hingga berbentuk pasta.
  • Oleskan campuran tersebut pada wajah secara merata.
  • Diamkan selama 15-20 menit, baru bilas dengan air dingin .

Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapat hasil yang maksimal.

4. Mengurangi Rasa Sakit dan Peradangan Pada Kulit Wajah

Sejak dahulu lidah buaya sering digunakan sebagai obat-obatan alami dan salep pada luka. Kandungan hormon auksin dan giberelin alaminya dapat mengurangi rasa sakit saat terkena luka dan mengurangi peradangan di kulit akibat alergi, iritasi, gigitan serangga atau karena terbakar radiasi sinar UV.

Masker lidah buaya dapat membantu menyembuhkan lapisan epitel dan jaringan lainnya pada kulit yang terbakar sinar matahari, serta antioksidan-nya dapat membantu meyembuhkan dan menumbuhkan kembali sel-sel baru.

Cara Penggunaan :

  • Siapkan potongan buah mangga, campurkan gel lidah buaya dan jeruk lemon 2-3 sdm, kemudian haluskan.
  • Oleskan campuran tersebut secara merata pada wajah.
  • Diamkan selama 20 menit, baru bilas dengan air dingin.

Kalau untuk menyembuhkan luka saja, Anda dapat mengoleskan lidah buaya secara langsung pada bagian yang luka, diamkan sekitar 15 menit, baru kemudian dibersihkan.

5. Menghilangkan Noda Hitam, Bekas Luka dan Bekas Jerawat

Selain dapat meredakan luka, manfaat masker lidah buaya juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda bekas lukanya dan noda bekas jerawat. Untuk Anda yang sering terkena sengatan matahari, masker lidah buaya bisa menjadi salah satu solusinya.

Untuk ibu-ibu yang tengah melalui masa kehamilan juga dapat menggunakan gel lidah buaya ini untuk membantu menghilangkan stretch pada bagian perut yang melar saat masa kehamilan.

6. Membersihkan Kulit Hingga ke Pori-Pori

Lidah buaya bisa dijadikan alternatif sebagai pembersih wajah, terutama dari polusi udara setelah beraktivitas di luar rumah seharian dan dari bekas makeup.

Cara penggunaanya cukup oleskan gel lidah buaya pada kulit wajah dan gosok dengan kapas, kotoran dan bekas makeup pun akan terhapus dengan bersih.

7. Mengatasi Bibir Pecah-Pecah dan Mencerahkan Warna Merona Pada Bibir

Selain untuk merawat kecantikan kulit wajah, lidah buaya juga dapat membantu mengatasi masalah bibir pecah-pecah dan membuatnya lembab merona.

Menurut penelitian yang terbit di “Journal of Chinese Integrative Medicine (2013)” lidah buaya mengandung polisakarida yang dapat meningkatkan produksi kolagen dan sel kulit baru, serta memperlambat kerusakan sel. Karena itu, lidah buaya banyak diolah menjadi kandungan yang terdapat dalam produk-produk lip balm atau pelembab bibir.

Cara penggunaanya cukup oleskan gel lidah buaya tipis-tipis pada bibir, bisa dilakukan tiga kali sehari.

Bolehkah Menggunakan Masker Lidah Buaya Semalaman?

Menggunakan masker lidah buaya semalaman

Banyak sekali orang yang menanyakan hal ini, bolehkan menggunakan masker lidah buaya semalaman?

Karena mengetahui manfaatnya yang sangat banyak untuk kulit, dengan menggunakan masker ini lebih lama dianggap akan lebih bagus, padahal tidak demikian.

Berdasarkan dokter kecantikan, menggukanan masker pada wajah terlalu lama justru akan membuat kelembaban alami kulit hilang. Menggunakan masker sebaiknya tidak lebih dari 30 menit atau sesuai dengan petunjuk yang di atas, jangan digunakan semalaman.

Efek Samping Menggunakan Masker Lidah Buaya

Efek samping menggunakan masker lidah buaya

Selain lidah buaya memiliki khasiat yang banyak, dia juga memiliki beberapa efek samping yang perlu kita waspadai, kalau timbul hal-hal seperti yang disebutkan lebih baik dihentikan dahulu pemakaian masker lidah buaya-nya.

1. Alergi Kulit

Penggunaan gel lidah buaya bisa menjadi hal yang bagus, namun tidak disarankan untuk penggunaan jangka panjang. Pengggunaan gel lidah buaya dalam jangka panjang bisa menyebabkan alergi kulit pada sebagian orang, seperti kulit menjadi kering dan merah.

2. Wajah Kusam

Pada sebagian orang yang memang tidak cocok menggunakannya akan menimbulkan efek samping yang cukup berbahaya. Wajah kusam dapat menjadi efek samping yang ditimbulkan saat nutrisi dalam lidah buaya tidak dapat diterima dengan baik oleh kulit.

3. Kulit Wajah Meradang

Salah satu efek samping yang juga dapat terjadi yaitu kulit wajah yang meradang. Umumnya,ketika menggunakan masker lidah buaya memang efek samping ini jarang terjadi. Namun bisa saja terjadi pada sebagian orang, ketika menggunakannya setelah kulit terbakar oleh matahari.

4. Bintik Jerawat

Bintik jerawat juga dapat terjadi karena efek samping yang dihasilkan dari penggunaan masker lidah buaya. Hal ini terjadi karena tipe wajah orang berbeda-beda termasuk bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. Sebaiknya jika menimbulkan masalah ini hentikan pemakaiannya.

5. Menimbulkan Gatal

Gatal pada kulit wajah juga dapat terjadi karena efek samping lidah buaya. Reaksi alergi yang timbul memang tidak akan sama antara satu orang dengan orang yang lainnya. Rasa gatal karena alegi ini biasanya akan terasa sedikit panas dan terkadang sulit untuk menahan keinginan menggaruknya.

Efek samping ini hanya sebagai bentuk kewaspadaan, apabila terjadi pada Anda saat menggunakan masker lidah buaya. Namun efek ini jarang terjadi pada keumuman orang, dan kebanyakan mereka mendapatkan manfaat baik dari masker ini.

Untuk Anda yang masih ragu ketika ingin menggunakan masker lidah buaya ini, Anda dapat melakukan tes pada kulit tangan anda.

Ambil sebagian gel lidah buaya yang berwarna bening, lalu oleskan pada pungung tangan anda atau di area belakang telinga Anda. Tunggu beberapa menit, dan lihat apakah ada reaksi hipersesitivitas selama 24 jam berikutnya, berupa rasa gatal atau rasa panas pada kulit tersebut.

Jika reaksi tersebut tidak muncul kemungkinan besar Anda tidak memiliki alergi pada lidah buaya. Selamat mencoba