Jenis Sablon Terbaik dan Tahan Lama

Jenis Sablon Terbaik dan Tahan Lama

Dalam penyablonan kaos memiliki berbagai jenis sablon yang jarang diketahui banyak orang. Untuk itu sebelum memilih jenis sablon yang akan kita gunakan dalam percetakan kaos sebaiknya pelajari dahulu sablon yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan kita.

Berikut penjelasan lengkap tentang jenis-jenis sablon yang mungkin perlu anda pertimbangkan ketika memilih jenis sablon untuk kaos yang akan Anda cetak.

Jenis Sablon Plastisol

Jenis Sablon Plastisol
Sumber: nvnkonveksi.com

Sablom plastisol merupakan jenis sablon terbaik yang banyak direkomedasikan dan digunakan dalam mencetak desain kaos.

Nama sablon plastisol digunakan untuk jenis sablon yang menggunakan bahan dasar tinta plastisol. Tinta ini merupakan tinta yang unik dan tidak ada yang menyamai dari tinta sablon lainnya.

Kualitas tintanya pun sangat kuat, baik dan tidak mudah kering. Itulah alasan mengapa desain yang kecil-kecil dan rapat disarankan untuk menggunakan sablon dengan tinta plastisol ini dibanding dengan tinta lainnya.

Katerisktik Sablon Plastisol

Untuk membedakan kenapa sablon plastisol ini lebih bagus dan terbaik, tentu kita dapat membedakannya dari kateristik sablon tersebut. Berikut kateristik dan ciri-cirinya sehingga banyak direkomendasikan.

  • Sablonnya lebih tahan lama.
  • Warnanya yang lembut dan tidak mencolok.
  • Permukaan kaos/sablon tetap lembut.
  • Aman ketika sering dicuci dan dikeringkan dengan mesin pengering.

Untuk Anda yang ingin mencetak sablon desain kaos pastikan mengetahui keunggulan dan kekurangan dari jenis sablon tersebut, begitu juga dengan jenis sablon plastisol.

Keunggulan dan Kekurangan Sablon Plastisol

Walaupun terkenal sebagai sablon terbaik, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilih sablon ini, agar menyesuaikan dengan kebutuhan.

Kelebihan :

  • Kualitas warna sablon terbaik, warna terlihat lebih cerah dan tidak kusam.
  • Sablon tidak mudah lepas, karena kuat menempel dengan erat ke bahan kaos.
  • Sablon plastisol ini merupakan standar sablon teknologi dunia saat ini.

Kekurangan :

  • Harga sablon yang lebih mahal karena tinta dihasilkan dari sintesis minyak yang langka.
  • Sablon tidak bisa disetrika, jika disetrika maka akan mengurangi kualitas sablon dan akan hilang lebih cepat.
  • Jarang ditemukan konveksi yang sudah menggunakan sablon plastisol ini, karena penggunaannya yang eksklusif.

Jenis Sablon Rubber

Jenis Sablon Rubber
Sumber: pusatkonveksi.com

Sablon rubber atau lebih sering dikenal masyarakat dengan sablon karet, karena memang salah satu bahan dasarnya karet. Jenis sablon yang satu ini memiliki tingkat melekat yang sangat baik pada kaos dan juga mampu menutup serat kain serta memiliki tekstur sablon yang elastis.

Sablon ini sering digunakan pada kaos berwarna gelap. Karena merekat kuat, sablon rubber terkenal awet walaupun sering disetrika dan harganya yang cukup terjangkau.

Sablon rubber merupakan salah satu sablon terbaik setelah sablon plastisol dibanding jenis jenis sablon lainnya, yang kemudian banyak dijadikan sebagai pilihan alternatif dalam percetakan.

Keunggulan dan Fakta Sablon Rubber

Berikut fakta-fakta pada sablon rubber hingga menjadi salah satu sablon terbaik.

1. Sablon Rubber Terbuat Dari Bahan Dasar Karet

Bahan dasar utama sablon ini terbuat dari karet, sehingga sangat bagus untuk merekatkan di bahan kaos yang digunakan.

2. Sablon Rubber Harganya Lebih Terjangkau

Sablon rubber merupakan alternatif kedua setelah sablon plastisol, karena kualitas yang bagus dan harga lebih terjangkau dibanding sablon plastisol.

Untuk Anda yang menginkan kualitas sablon terbaik dengan harga yang terjangkau ini salah satu pilihan jenis sablon yang paling tepat.

3. Berbahan Dasar Air

Selain memiliki bahan dasar utama karet, sablon rubber juga menggunakan air sebagai salah satu bahan dasarnya.

Penggunaan air pada sablon menjadikan tinta yang dihasilkan pun lebih baik dan juga menghasilkan warna yang lebih kaya. Dan tentunya cara ini tidak dilakukan pada tinta yang berbasis minyak.

4. Memiliki Tiga Jenis Tinta

Ini menjadi salah satu fakta sablon rubber yang diketahui dalam penggunaannya dibagi menjadi tiga jenis tinta. Ketiga tinta tersebut yaitu :

  • Tinta rubber yang berwarna putih digunakan untuk kain berwarna gelap.
  • Tinta rubber yang netral digunakan untuk campuran sebagai penetral warna.
  • Tinta rubber yang transparan digunakan untuk campuran warna lain agar menghasilkan warna yang lebih cerah.

5. Banyak Digunakan untuk Percetakan Kaos

Sablon ini menjadi salah satu sablon yang populer digunakan dalam percetakan kaos. Karena kualitasnya yang tergolong sangat baik dengan harga yang terjangkau, menjadikan sablon ini banyak dijadikan pasangan untuk menghasilkan kaos berkualitas bagus dengan harga yang terjangkau untuk semua kalangan.

6. Sangat Disarankan untuk Warna Dasar Gelap

Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya, tiga jenis tinta pada sablon rubber tidak menyebutkan jenis tinta warna gelap sama sekali. Sehingga untuk kain yang berbahan dasar terang tidak disarankan untuk menggunakan tinta ini. Sablon ini lebih disarankan digunakan pada kain berbahan dasar gelap.

7. Tidak Mudah Luntur

Secara kualitas, sablon rubber ini melekat erat dan tidak mudah luntur jika digunakan dan dicuci karena berbahan dasar karet. Kalau kita lihat sablon rubber ini memiliki kualitas yang baik sehingga tidak menimbulkan banyak kekhawatiran untuk digunakan pakaian sehari-hari.

Itulah beberapa jenis sablon yang perlu Anda ketahui sebelum mendesain atau membuat kaos untuk proyek besar atau untuk pribadi, sehingga bisa memilih yang pas sesuai kebutuhan. Untuk anda yang berada di wilayah solo bisa mencari konveksi kaos solo yang berpengalaman di bidangnya. Terima kasih semoga bermanfaat.

Leave a Reply