9+ Desain Rumah Kayu Mungil dan Unik

9+ Desain Rumah Kayu Mungil dan Unik
countryliving.com

Rumah dengan material kayu terkenal membuat rumah terkesan klasik dan alami. Hal ini karena kayu mampu memancarkan keunikan yang tidak bisa diberikan material bangunan lain, salah satunya seperti warna alami yang hanya dimiliki kayu.

Sekarang ini makin banyak orang yang mulai tertarik dengan rumah material kayu, baik hanya untuk tempat basecamp sekedar kumpul-kumpul bersama kawan, hingga untuk rumah hunian bersama keluarga.

Kali ini kita akan melihat beberapa contoh desain rumah kayu mungil dan juga unik , sebagai referensi ketika Anda tertarik membangun rumah kayu. Sebelumnya kita akan membahas dahulu apa saja kelebihan dan keuntungan dari bangunan material kayu ini.

Kelebihan Rumah Kayu

Kelebihan Rumah Kayu
countryliving.com

Beberapa kelebihan rumah kayu yang patut Anda ketahui sebelum membangunnya.

1. Mudah Menyesuaikan dengan Lingkungan Sekitar

Kayu memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar, karena merupakan salah satu material yang adaptable.

Sehingga material kayu dapat dibuat rumah sesuai dengan desain yang kita kehendaki, dan tetap cocok ditempatkan dimanapun, baik di tengah atau pinggiran kota, dengan halaman luas maupun halaman kecil.

2. Memberikan Nuansa Alami dan Sejuk

Membangun rumah kayu sama saja membangun konsep back to earth. Pori-pori pada kayu dapat membuat rumah kayu memiliki sirkulasi udara alami lebih baik dibanding rumah tembok atau yang lainnya.

Rumah kayu mampu menahan udara panas dan dingin, ini akan membuat penghuninya tetap merasa sejuk saat udara diluar panas ataupun dingin.

3. Mampu Menyerap Suara dengan Baik

Untuk Anda yang kurang suka dengan keramaian, atau ingin kesunyian, rumah kayu bisa menjadi pertimbangan untuk Anda bangun.

Sebagaimana diketahui, kayu juga merupakan penyerap suara yang sangat baik, sehingga rumah kayu bisa Anda manfaatkan untuk studio atau home theater.

4. Kokoh dan Tahan Gempa

Rumah kayu merupakan rumah yang memiliki daya tahan tinggi terhadap gempa. Jika rumah pada umumnya akan mudah retak atau bahkan roboh saat gempa terjadi, rumah kayu tidak demikian.

Karena kayu memiliki sifat yang elastis, membuat rumah kayu mampu bertahan lebih lama dari gempa di banding rumah tembok atau lainnya.

5. Sebagai Investasi

Rumah kayu juga bisa dijadikan sarana investasi. Rumah kayu dengan desain yang unik dan menarik akan menaikkan harga jual rumah tersebut. Dengan ini rumah kayu bisa di jadikan sebagai investasi jangka panjang.

Apalagi sekarang ini banyak rumah makan atau restoran yang menawarkan konsep alam dengan bangunan rumah kayu. Jadi tidak dipungkiri juga bahwa rumah kayu mempunyai nilai investasi yang sepadan dari rumah biasa.

9+ Desain Rumah Kayu Mungil

Berikut contoh-contoh desain rumah kayu mungil dengan berbagai bentuk, spesikikasi dan kelebihannya.

1. Desain Rumah Kayu Mungil Ala The Hobbit

 Desain Rumah Kayu Mungil Ala The Hobbit
zylvardos.com

Kalau kita lihat sekilas rumah ini tampak kecil dan seolah serba mini. Tapi jangan salah sangka dulu, rumah kayu ini memiliki ruangan yang dirancang agar tampak lega dan luas. Cukup untuk di letakkan kasur besar dan dua kabinet besar.

Desain Rumah Kayu Mungil Ala The Hobbit
zylvardos.com

Kalau rumah yang satu ini bukan hanya indah untuk dilihat. Rumah yang dilengkapi dengan jendela bulat mungil dan eksterior kayu ini, ternyata memiliki fitur yang canggih juga, salah satunya sistem pemanas air untuk mendapatkan air panas di musim hujan yang dingin.

2. Desain Rumah Kayu Hikari Box

Desain Rumah Kayu Hikari Box
treehugger.com

Mungkin masalah umum bagi para pemilik rumah minimalis adalah tidak adanya kamar tidur yang kosong untuk menerima tamu yang ingin bermalam. Masalah tersebut dapat teratasi dengan rumah kayu Hikari Box ini.

Desain Rumah Kayu Hikari Box
tinyliving.com

Desain rumah kayu sederhana ini ternyata memiliki dua area kamar tidur, yang masing-masing kamar berkapasitas dua orang dewasa. Di bagian atas rumah juga bisa diakses melalui tangga kayu yang ada di dalam rumah.

Desain rumah kayu ini karya dari Portland Alternative Dwellings, sudah dilengkapi dengan meja makan dan ruang tamu untuk menerima tamu, tepat di bawah area tidur tamu.

Rumah ini juga di desain dengan memaksimalkan tempat yang ada, tangga untuk menuju area tidur utama di fungsikan sebagai lemari dengan ukuran yang berbeda-beda.

3. Desain Rumah Kayu Mungil The Reagan

Desain Rumah Kayu Mungil The Reagan
tinyliving.com

Rumah kayu The Reagan merupakan salah satu desain khas Amerika dengan konstruksi interior dan eksteriornya. Hanya saja, tampilan dari desain rumah kayu ini lebih mungil.

Desain Rumah Kayu Mungil The Reagan
tinyliving.com

Desain rumah kayu The Reagan juga sangat cocok bagi para pecinta hewan peliharaan, karena desain rumah kayu mungil ini menyediakan sebuah pintu kecil untuk akses keluar masuk peliharaan.

Desain Rumah Kayu Mungil The Reagan
tinyliving.com

Selain itu bahan bangunan rumah ini terbuat dari kayu tanpa bahan beracun. Di bagian depan juga terdapat teras dan pagar yang mengelilingi rumah, sehingga hewan peliharaan tidak mudah lari.

4. Desain Rumah Kayu Unik

Desain Rumah Kayu Backcountry Containers
tinyliving.com

Desain rumah kayu mungil tidak selalu menempatkan ruang untuk bersantai-santai di depan rumah, rumah kayu unik Backcountry Containers ini menambahkan ruang terbuka di bagian atap untuk tempat bersantai.

Desain Rumah Kayu Backcountry Containers
tinyliving.com

Desain rumah kayu ini bernama Ruistic Retreat XL berbeda dengan tipe lainnya, karena area tidur seluruhnya berada di lantai dasar tidak ada yang di loteng. Desain eksteriornya juga terlihat unik, karena menyerupai desain rumah kayu tradisional dengan ruang terbuka dan bahan seluruh teras-nya terbuat dari kayu.

5. Desain Rumah Kayu dari Oregon

 Desain Rumah Kayu dari Oregon
tinyhousedesign.com

Desain rumah kayu yang satu ini juga sangat cocok untuk para pecinta hewan peliharaan. Rumah ini di desain oleh Luke dan Tina yang memang sangat memperhatikan untuk tempat hewan peliharaan.

 Desain Rumah Kayu dari Oregon
tinyhousedesign.com

Bagian lantai dasar rumah ini di khususkan untuk kandang hewan peliharaan, dan untuk area tidur sendiri berada di bagian loteng, demi selalu menjaga kebersihan kamar pribadi.

 Desain Rumah Kayu dari Oregon
tinyhousedesign.com

Dan demi memaksimalkan sistem penyimpanan di rumah ini, di bagian bawah tangga juga dijadikan sebagai lemari.

6. Desain Rumah Kayu Alpha

Desain Rumah Kayu Alpha
newfrontiertinyhomes.com

Desain rumah tipe Alpha yang terlihat seperti peti kemas ini, ternyata bagian dalamnya memiliki aneka fitur yang mengejutkan mulai dari meja lipat hingga tangga mungil untuk naik ke tempat tidur.

Desain Rumah Kayu Alpha
newfrontiertinyhomes.com

Rumah ini di desain serba simpel dan enak untuk dilihat, cocok untuk Anda yang tidak suka hal-hal ribet. Selain itu, konstruksi rumah ini juga mengutamakan unsur ramah lingkungan, dengan menggunakan kayu daur ulang untuk melapisi langit-langit, dinding hingga rak di area tidur.

7. Desain Rumah Kayu Klasik Memiliki Teknologi Canggih

Desain Rumah Kayu Klasik Memiliki Teknologi Canggih
housebeautiful.com

Tiny Heirloom membuat sebuah desain rumah kayu dengan gaya klasik yang dipadukan dengan teknologi canggih, salah satunya yaitu detektor asap yang berkualitas di bagian dapur.

Desain Rumah Kayu Klasik Memiliki Teknologi Canggih
housebeautiful.com

Desain unik dari rumah ini membuat rumah terasa lebih luas dan nyaman. Di bagian atap juga terdapat jendela-jendela yang dirancang khusus untuk sirkulasi udara.

8. Desain Rumah Kayu Elegan

Desain Rumah Kayu Elegan
tinyliving.com

Desain rumah kayu mungil namun elegan ini merupakan desain dari Harmony Tiny Homes. Eksteriornya yang berwarna biru tua dan bingkai jendelanya berwarna putih membuat rumah ini terlihat cerah dan elegan.

Desain Rumah Kayu Elegan
tinyliving.com

Pada bagian interior, furnitur dan perabotan yang dipilih pada desain ini, memiliki warna yang natural dengan kayu berwarna putih. Di dalam rumah ini juga terdapat tangga untuk menuju ke loteng dan jendela di langit-langit untuk sirkulasi udara.

9. Desain Rumah Kayu Dapat Berpindah Tempat

Desain Rumah Kayu Dapat Berpindah Tempat
tinyliving.com

Buat Anda yang suka berpindah-pindah tempat, desain rumah kayu ini sangat cocok, karena bisa berpindah-pindah ditarik dengan mobil. Olive Nest Tiny Homes membuat desain rumah kayu Elsa yang bernuansa anggun, ditambah dengan pergola mini yang terpisah dengan rumah kaca mini dan ayunan.

Desain Rumah Kayu Dapat Berpindah Tempat
tinyliving.com

Desain rumah kayu Olive Nest ini sangat cocok untuk Anda yang pecinta tanaman hias, karena rumah ini memiliki sumber pencahayaan alami dan tentunya hemat energi.

10. Desain Rumah Kayu Teras Terbuka

Desain Rumah Kayu Teras Terbuka
curbed.com

Desain rumah kayu dari Custom Container Living ini bergaya kontainer, dimana terdapat ruang terbuka yang dijadikan sebagai teras, sehingga cocok untuk bersantai-santai.

Desain Rumah Kayu Teras Terbuka
customcontainerliving.com

Desain rumah kayu minimalis ini juga dapat memaksimalkan pencahayaan alami lewat banyak jendela kecil dan pintu kaca.

Desain Rumah Kayu Teras Terbuka
customcontainerliving.com

Meskipun dari bentuknya menyerupai rumah bergaya kontainer, namun keseluruhan desain rumah ini terkesan luas, karena memiliki langit-langit yang tinggi dan berbentuk memanjang ke belakang.

Naah itulah beberapa contoh desain rumah kayu mungil dan unik yang memanjakan mata, semoga dapat membuka wawasan Anda. Selamat mencoba!

Leave a Reply