√11 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah untuk Mahasiswa yang Baik dan Benar

√11 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah untuk Mahasiswa yang Baik dan Benar

Contoh surat izin tidak masuk kuliah- Sebagai seorang mahasiswa, tentu selalu ingin mengikuti pembelajaran mata kuliah yang sudah ia jalani selama ini. Akan tetapi tidak dipungkiri lagi, terkadang ada beberapa hal yang membuat kita tidak bisa mengikuti pembelajaran mata kuliah.

Surat izin kuliah ini sangat diperlukan untuk memberikan keterangan pada pihak kampus atau dosen mata kuliah yang bersangkutan terhadap apa yang dialami.

Membuat surat izin kuliah sendiri memiliki beberapa aturan sehingga harus benar dan sesuai dengan kaidah penulisan surat izin. Berikut kami berikan hal-hal yang harus diperhatikan ketika menulis surat dan beberapa contoh surat izin kuliah.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Membuat Surat Izin Tidak Masuk Kuliah

1.Tanggal Surat

Tanggal surat mungkin dianggap sepele, namun beberapa dosen tidak akan menerima atau mempercayai surat tanpa tanggal. Bisa saja surat dipalsukan serat tersebut dari minggu lalu atau sebelum tanggal dikirimnya surat.

2. Alamat Surat

Penulisan alamat bisa alamatkan ke nama jalan atau nama tempat, namun untuk lebih jelasnya surat izin tidak masuk kuliah bisa dialamatkan kepada nama dosen pengampu mata kuliah yang tidak diikuti dan universitas tempat Anda belajar.

3. Salam Pembuka

Membuka surat dengan mengucapkan salam penghormatan dan pembuka supaya terkesan lebih sopan dan beretika.

4. Identitas Diri

Menyebutkan identitas diri dalam surat izin kuliah sangat penting, agar dosen atau pihak kampus mengetahui atau tidak keliru siapa yang meminta izin dengan surat tersebut. Cukup tulis nama lengkap, nomor mahasiswa, program studi dan fakultas yang Anda masuki.

5. Isi Surat

Bagian terpenting dari sebuah surat yaitu isi suratnya. Isi surat berisi tentang maksud atau tujuan mengapa mahasiswa tidak bisa mengikuti perkuliahan. Tuliskan alasan dengan singkat, padat, jelas serta jujur. Jika alasan Anda tidak mengikuti kuliah karena alasan sakit Anda bisa sebutkan karena sakit serta berikan surat keterangan dokter jika diminta.

6. Penutup

Dalam bagian ini, biasanya tuliskan terima kasih, memohon kemakluman dosen dan salam penutup

7. Tanda Tangan dan Nama Terang

Dengan menuliskan nama terang dan tanda tangan tentunya untuk menegaskan bahwa Anda benar-benar membuat surat.

Contoh-Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah

1. Contoh Surat Izin Kuliah Karena Sakit

Ada banyak alasan yang menyebabkan Anda harus meninggalkan kuliah, salah satunya sakit. Sakit merupakan alasan yang cukup wajar bagi mahasiswa untuk tidak bisa mengikuti kegiatan perkuliahan.

Jika Anda sedang dalam kondisi sakit dan disarankan untuk beristirahat oleh dokter, Anda bisa meminta izin kepada pihak kampus dengan mengirim surat izin seperti contoh surat izin tidak masuk kuliah karena sakit berikut ini.

Cirebon, 3 Juli 2019

Yang terhormat,
Ibu Enti Sulistiawati, S.Kom., M.Eng.
di Unversitas Unswagati Cirebon

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama lengkap : Anggi Brawijaya
NIM                 : 0834574
Program Studi : Teknik Komputer
Fakultas          : Teknik

Dengan ini bermaksud untuk memohon izin tidak dapat mengikuti kegiatan perkuliahan pada mata kuliah Cloud Computing yang Ibu ampu pada Rabu, 3 Juli 2019 dikarenakan sakit. Sebagai bukti saya sertakan surat keterangan hasil pemeriksaan dokter dalam lembar terlampir.

Demikian permohonan izin ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas kebijaksanaan dan izin yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

(Anggi Brawijaya)

2. Contoh Surat Izin Kuliah Karena Keluarga Meninggal

Kehilangan anggota keluarga merupakan sesuatu kejadian yang tidak dapat kita prediksi, di samping rasa sedih yang menimpa kita, terkadang kita juga masih memiliki kaitan dengan pihak kampus dimana tempat kita kuliah.

Meminta izin di saat ada anggota keluarga meninggal merupakan alasan yang lumrah, apalagi dari pihak keluarga terdekat. Berikut kami berikan contoh surat izin tidak masuk kuliah karena keluarga meninggal.

Yogyakarta, 5 Juli 2019

Yang terhormat,
Ibu Dariyati Kusuma, Sp.F.
di Universitas Negeri Gadjah Mada (UGM)

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama lengkap : Fajar Rahman
NIM                 : 923547
Program Studi : Forensik
Fakultas          : Kedokteran

Dengan ini saya memohon izin karena tidak dapat mengikuti mata kuliah Anatomi Perkembangan pada hari Kamis 5 Juli 2019. Karena saya harus menghadiri pemakaman Kakek saya di Majalengka. Mengingat betapa pentingnya acara tersebut saya mohon agar Ibu memberikan izin pada saya.

Demikian surat izin ini saya buat dengan sebenar-benarnya atas izin dari Ibu saya ucapkan terima kasih

Hormat saya,

 

(Fajar Rahman)

3. Contoh Surat Izin Kuliah Karena Kerja Lembur

Bagi Anda yang kuliah sambil bekerja, mungkin pernah mengalami kejadian-kejadian yang tak terduga seperti lembur kerja dan lain-lain yang bertabrakan dengan jadwal mata kuliah tertentu.

Kalau dirasa kerjaan tersebut tidak bisa ditinggalkan Anda bisa meminta izin kepada pihak kampus atau dosen yang bersangkutan. Berikut kami berikan contoh surat izin kuliah karena kerja lembur.

Magelang, 13 Mei 2109
Perihal : Permohonan Izin

Kepada Yth,
Ibu Indah Puspita Sari
Universitas Magelang
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama lengkap : Dzulkifli Syamsudin
NIM                 : 037874
Program Studi : Teknik Komputer
Fakultas          : Teknik

Dengan ini bermaksud mengajukan izin untuk tidak mengikuti mata kuliah yang Ibu ampu pada hari ini, Selasa 13 Mei 2019. Hal tersebut dikarenakan saya harus lembur kerja dan jadwalnya bertabrakan dengan jadwal mata kuliah yang Ibu ampu.

Demikian surat permohonan ini saya perbuat dengan sebenarnya, atas perhatian dan kebijaksanaan Ibu, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

 

Dzulkifli Syamsudin

4. Contoh Surat Izin Kuliah dengan Bahasa Inggris

Ketika Anda kuliah di kampus-kampus Internasional atau yang memang mata kuliahnya ada hubungan dengan bahasa Inggris. Terkadang ada beberapa dosen yang meminta mahasiswanya ketika menulis surat izin harus menggunakan bahasa Inggris.

Berikut ini kami berikan contoh surat izin kuliah dengan bahasa Inggris.

From:
Budi Harianto
English Languange and Literature
Paramadina University, Jakarta

To:

Mr. Puan Sitohang, M.Ed
English Languange and Literature
Paramadina University, Jakarta

Subject: Leave Application

Sir,

I, Alan Wijayanto, am currently enrolled in the second year of the English Literature course in your class. I am writing this letter to regretfully inform you that I will not be able to attend college for five days, starting from April 21, 2019 to April 24, 2019, as I have been advised complete bed rest by my doctor after I twisted my ankle while playing soccer for my college team.

I am aware that I will be missing the ongoing mock exams, for which I am truly sorry. I hope you and my professors understand my situation and that my absence will not hurt my final grades. If you think it is feasible, I can take my exams online, and further ask a classmate to stream my lectures, which I can then watch on my computer from home.

Please look into the matter and grant me leave at the earliest. I have submitted all my medical details to a friend, who will submit them to you tomorrow. Thank you for understanding the situation.

Yours Faithfully,

 

(Budi Harianto)

5. Contoh Surat Izin Kuliah Lewat Email

Surat izin kuliah selain di tulis di kertas, sekarang ini terkadang ada beberapa dosen yang membolehkan mahasiswanya untuk membuat surat izin kuliah dengan menggunakan email yang tentunya untuk mempermudah mahasiswanya. Berikut ini kami berikan contoh surat izin kuliah lewat email.

To              : [email protected]

Cc              : –

Subject    : Surat Izin Tidak Ikut Mata Kuliah Anatomi Perkembangan

Yth. Drs. Aman Salaman, Sp.F.
Jurusan Forensik, Fakultas Kedokteran
Universitas Yasri Jakarta

Dengan Hormat,
Melalui surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama lengkap : Anas Burhanudin
NIM                 : 308473
Program Studi : Forensik
Fakultas          : Kedokteran

Memohon maaf karena tidak bisa hadir pada mata kuliah Anatomi Perkembangan yang diselenggarakan hari ini, Selasa, 7 Juni 2019, karena saya harus menghadiri kegiatan seminar “Mencari Jodoh yang Tepat” yang diadakan di luar kampus. Mengenai materi kuliah dan tugas yang mungkin akan diberikan pada hari tersebut, saya akan berdiskusi dengan teman-teman yang lain, dalam rangka membahas materi kuliah dan tugas kuliah.

Demikian surat izin ini saya sampaikan, semoga dapat dimaklumi. Atas izin yang diberikan, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Jakarta, 7 Juni 2019

Dengan Hormat,

 

Anas Burhanudin

Baca juga: Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

6. Contoh Surat Izin Kuliah dari Orang Tua

Terkadang setiap kampus memiliki aturan yang berbeda-beda. Mungkin beberapa kampus menerima surat izin dari mahasiswanya dengan tanda tangan mahasiswa itu sendiri, akan tetapi ada juga beberapa kampus yang mengharuskan mahasiswanya ketika menulis surat izin harus menggunakan tanda tangan orang tua.

Berikut kami berikan contoh surat izin tidak masuk kuliah dari orang tua.

Contoh surat izin kuliah

7. Contoh Surat Izin Kuliah Karena Urusan Keluarga

Alasan izin karena urusan keluarga seperti ada pihak keluarga yang menikah atau yang lainnya, cukup bisa dipahami sebagai alasan lumrah untuk tidak masuk kuliah. Berikut ini kami berikan contoh surat izin tidak masuk kuliah karena urusan keluarga.

Solo, 8 Juni 2019

Kepada yang terhormat,
Bapak Dino Pangestu Sp.F.
Jurusan Kedokteran, Universitas Sebelas Maret

Dengan Hormat,
Melalui surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama lengkap : Agus Wahyudi
NIM                 : 767896
Program Studi : Forensik
Fakultas          : Kedokteran

Mengajukan izin dan permohonan maaf karena tidak dapat mengikuti mata kuliah Anatomi Perkembangan pada hari Rabu, 8 Juni 2019 karena saya harus menghadiri acara pernikahan adik kandung saya di Majalengka, Jawa Barat. Mengingat pentingnya acara tersebut maka saya mohon agar Bapak dapat memberikan izin kepada saya. Mengenai materi kuliah dan tugas yang mungkin akan diberikan, saya siap menerimanya dan akan berkoordinasi dengan teman yang mengikuti perkuliahan tersebut.

Demikian surat izin ini saya buat agar dapat dimaklumi, dan atas izin yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Agus Wahyudi

8. Contoh Surat Izin Kuliah untuk Dosen Wali

Mungkin Anda sering mendengar wali kelas atau dosen wali, iya dosen wali bisa dibilang orang tua mahasiswa selama di kampus. Karenanya, banyak mahasiswa yang ketika izin tidak masuk kuliah lebih memilih ke dosen wali ketimbang ke dosen lainnya, walaupun tidak semuanya benar. Akan tetapi berikut kami berikan contoh surat izin kuliah untuk dosen wali.

Malang, 7 April 2019

Kepada,
Yth. Bpk. Irfan Zulkarnain S.Kom., M.Eng.
di  Universitas Brawijaya Malang

Dengan Hormat,
Melalui surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama lengkap : Heri Setiawan
NIM                 : 572820203
Program Studi : Teknik Komputer
Fakultas          : Teknik

Mengajukan izin dan permohonan maaf karena tidak dapat mengikuti seluruh kegiatan perkuliahan/ semua mata kuliah yang diselenggarakan mulai hari Selasa, 7 April 2019 hingga Jum’at, 10 April 2019 karena saya harus menghadiri kegiatan seminar di Jakarta.

Mengingat pentingnya tugas acara tersebut maka saya mohon agar Bapak sebagai dosen wali agar dapat memberikan izin kepada saya. Mengenai materi kuliah dan tugas yang mungkin akan diberikan, saya siap menerimanya dan akan berkoordinasi dengan teman yang mengikuti perkuliahan tersebut.

Demikian surat izin ini saya buat agar dapat dimaklumi, dan atas izin yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Dengan Hormat,

 

Heri Setiawan

Baca juga: Contoh Surat Izin Orang Tua

9. Contoh Surat Izin Kuliah untuk Dosen Mata Kuliah

Jika Anda tidak dapat hadir di mata kuliah tertentu, mengirimkan surat izin kuliah memang pada umumnya ke dosen pengampu mata kuliah, meski dosen wali juga sering menerima surat izin ini dari mahasiswanya. Naah berikut ini kami berikan contoh surat izin kuliah untuk dosen mata kuliah.

Solo, 11 Maret 2019

Yang terhormat,
Ibu Lilis Tisnawati, Sp.F.
di Universitas Sebelas Maret

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama lengkap : Deni Sujatmiko
NIM                 : 575686
Program Studi : Forensik
Fakultas          : Kedokteran

Dengan ini saya memohon izin karena tidak dapat mengikuti mata kuliah Anatomi Perkembangan yang bapak ampu pada hari Selasa 11 Maret 2019 . Karena saya harus menghadiri pemakaman Buyut saya di Madiun. Mengingat betapa pentingnya acara tersebut saya mohon agar Ibu memberikan izin pada saya.

Demikian surat izin ini saya buat dengan sebenar-benarnya atas izin dari Ibu saya ucapkan terima kasih

Hormat saya,

 

(Deni Sujatmiko)

 

10. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah Karena Pulang Kampung

Sekarang ini banyak sekali mahasiswa yang kuliah di luar kota atau merantau. Akibatnya ketika ingin pulang atau ada urusan penting di kampung harus meninggalkan beberapa mata pelajaran karena jarak yang jauh. Jika memang demikian berikut kami berikan contoh surat izin kuliah karena pulang kampung.

Malang, 9 Januari 2019

Yang terhormat,
Ibu Heni Septiani, Sp.F.
di Brawijaya Malang

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama lengkap : Toto Junadi
NIM                 : 356555
Program Studi : Forensik
Fakultas          : Kedokteran

Dengan ini saya memohon izin karena tidak dapat mengikuti mata kuliah Anatomi Perkembangan pada hari Rabu, 9 Januari 2019 dikarenakan ada keperluan mendadak di kampung. Mengingat betapa pentingnya keperluan tersebut saya mohon agar Ibu memberikan izin pada saya.

Demikian surat izin ini saya buat dengan sebenar-benarnya atas izin dari Ibu saya ucapkan terima kasih

Hormat saya,

 

(Toto Junadi)

11. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah Karena Menghadiri Acara Pernikahan

Alasan izin sendiri bermacam-macam, selain alasan-alasan di atas mungkin ketika ada anggota keluarga atau saudara yang menikah Anda tidak ingin melewatkan momen bahagia ini, atau mungkin Anda sendiri sebagai tuan rumah di acara tersebut, sehingga Anda tidak bisa mengikuti beberapa mata kuliah di kampus. Berikut kami berikan contoh surat izin tidak masuk kuliah karena menghadiri acara pernikahan.

Surabaya, 21 November 2019

Kepada yang terhormat,
Bapak Zulkifli Syamsudin S.Kom., M.Eng.
di Universitas STIKOM Surabaya

Dengan Hormat,
Melalui surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama lengkap : Wawan Saifudin
NIM                 : 767896
Program Studi : Teknik Komputer
Fakultas          : Teknik

Mengajukan izin dan permohonan maaf karena tidak dapat mengikuti mata kuliah Cloud Computing pada hari Selasa, 21 November 2019 karena saya harus menghadiri acara pernikahan Bibi saya di Malang, Jawa Timur.

Mengingat pentingnya acara tersebut maka saya mohon agar Bapak dapat memberikan izin kepada saya. Mengenai materi kuliah dan tugas yang mungkin akan diberikan, saya siap menerimanya dan akan berkoordinasi dengan teman yang mengikuti perkuliahan tersebut.

Demikian surat izin ini saya buat agar dapat dimaklumi, dan atas izin yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Wawan Saifudin

Demikian contoh surat izin kuliah yang bisa Anda gunakan untuk meminta izin pada pihak kampus tau dosen wali maupun dosen pengampu saat berhalangan untuk mengikuti kegiatan perkuliahan. Jangan sampai gara-gara tidak memberikan surat izin ketika berhalangan, makin lama menjadi mahasiswa di kampus tersebut. Semoga bermanfaat, selamat mencoba!

Leave a Reply