√17 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja yang Baik dan Benar (Lengkap)

√17 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja yang Baik dan Benar (Lengkap)

Setiap karyawan atau pegawai yang berhalangan untuk masuk kerja diwajibkan untuk membuat surat izin tidak masuk kerja sebagai wujud profesionalisme dalam bekerja. Surat izin tidak masuk kerja sendiri ditunjukkan kepada pimpinan perusahaan atau kepala HRD agar diizinkan tidak masuk kerja karena alasan tertentu.

Banyak hal yang menjadikan alasan untuk membuat surat izin tidak masuk kerja, seperti ada urusan keluarga yang mendesak atau karena izin sakit dan banyak lagi alasan-alasan lainnya yang sering kita jumpai.

Kali ini kami akan memberikan beberapa contoh surat izin tidak masuk kerja dengan berbagai alasan dan keperluan yang baik dan benar sebagai referensi untuk Anda dalam membuat surat izin.

Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Ketika kita ingin membuat surat izin tidak masuk kerja ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. Diantaranya dalam pembuatan surat izin tidak masuk kerja harus menggunakan bahasa yang singkat, padat dan jelas tidak bertele-tele serta mudah untuk dipahami.

Dalam penulisan surat izin juga kita harus menggunakan bahasa baku. Berikut hal lain yang harus kita perhatikan ketika menulis surat izin tidak masuk kerja.

1. Tanggal Penulisan Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Tanggal penulisan menjadi salah satu hal yang penting dalam penulisan surat, agar pimpinan atau atasan Anda mengetahui dengan jelas kapan Anda mulai izin tidak masuk untuk bekerja.

Hal ini juga sebagai salah satu pertimbangan bagi atasan untuk menugaskan pekerjaan Anda kepada karyawan lain saat Anda tidak masuk kerja.

2. Data Diri

Mencantumkan data diri dalam surat menjadi hal yang wajib dalam penulisan surat izin tidak masuk kerja. Anda harus mencantumkan data diri Anda yang mencakup nama lengkap, alamat, divisi atau jabatan serta nomor induk karyawan jika memilikinya.

Hal ini akan memudahkan pimpinan atau bagian personalia untuk memberikan izin kepada Anda.

3. Alasan Izin Tidak Masuk Kerja

Anda harus memberikan alasan mengapa Anda tidak dapat masuk kerja, contohnya karena menikah, ada kepentingan keluarga yang mendesak atau karena sakit tidak enak badan.

Dan ketika izin sakit untuk memperkuat permintaan izin, sertakan lampiran surat keterangan sakit dari dokter atau pihak rumah sakit tempat dimana Anda berobat.

4. Waktu Lama Izin

Mencantumkan waktu berapa lama Anda izin juga sangat penting, sehingga pihak instansi atau perusahaan tempat Anda bekerja mengetahui kapan Anda akan kembali masuk kerja untuk melakukan tugas-tugas Anda.

Sehingga jika ada tugas-tugas yang memang harus segera diselesaikan bisa dilimpahkan ke karyawan atau pegawai lain untuk menyelesaikannya.

5. Ucapan Terima Kasih

Ucapan terima kasih kepada pimpinan atau pihak yang bertanggung jawab dalam perizinan tidak masuk kerja selalu kita temui dalam penulisan surat izin. Karena hal ini akan menciptakan kerjasama serta hubungan yang baik dan harmonis antara pegawai dan pihak perusahaan.

Surat izin tidak masuk kerja sendiri terdiri dari tiga bagian yang meliputi :

•Bagian Atas Surat

Bagian atas surat berisikan tempat dan tanggal penulisan surat, serta kepada siapa surat izin ini dibuat. Untuk peletakan tempat dan tanggal surat izin ini optional, bisa Anda letakkan di bagian awal atau akhir surat izin.

•Bagian Tengah Surat

Bagian atas surat sendiri berisikan alasan Anda membuat surat izin tidak masuk kerja. Untuk penulisan alasan sebaiknya ditulis dengan singkat, padat dan jelas jangan terlalu panjang lebar sehingga membuat orang merasa bosan membacanya.

Tuliskan juga identitas diri Anda seperti yang di jelaskan di atas, sehingga diketahui oleh pimpinan atau bagian personalia siapa pemohon surat tersebut.

•Bagian Akhir Surat

Bagian Akhir surat berisikan salam penutup dan tanda tangan Anda/pemohon surat izin. Jika Anda belum mencantumkan tempat dan tanggal di bagian awal surat, maka cantumkanlah di bagian akhir surat.

Itulah beberapa bagian dan aturan dalam penulisan surat izin tidak masuk kerja yang harus Anda perhatikan agar dapat membuat surat izin tidak masuk kerja dengan baik dan benar sesuai kaidah penulisan surat.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja yang Baik dan Benar

Contoh surat izin tidak masuk kerja yang baik dan benar

Berikut kami berikan beberapa contoh lengkap surat izin tidak masuk kerja sesuai dengan kaidah-kaidah standar penulisan surat yang baik dan benar.

1. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Sakit

Sakit merupakan salah satu alasan manusiawi dialami oleh setiap orang yang membuat seorang karyawan atau pegawai tidak bisa masuk kerja untuk menjalankan tugasnya.

Untuk aturan mengajukan izin tidak masuk kerja karena sakit memang berbeda-beda dari satu instansi atau perusahaan ke perusahaan lainnya. Ada yang harus disertakan surat dari dokter ada juga yang tidak dan sebagainya bisa di sesuaikan dengan perusahaan tempat Anda bekerja.

Surabaya, 23 April 2019

Nomor : –
Lampiran : 1 Lembar
Perihal : Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Kepada:
Bapak/Ibu
Kepala Divisi HRD PT. Sinar Putih Abu.
Jl. Ketintang No 33, Surabaya

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya:

Nama : Karni Mahfudz
Alamat : Jl. Mayjend Sungkono No 55, Surabaya
No. KTP : 2345422234444
No. Induk Karyawan : 23546 89789 787
Jabatan : Divisi ADM dan Gudang

Dengan ini mengajukan permohonan izin tidak masuk kerja pada hari Rabu tanggal 24 April 2019 sampai dengan hari Senin tanggal 29 April 2019 dikarenakan sakit.

Permohonan ini saya ajukan karena menurut keterangan dokter saya diharuskan istirahat selama enam hari (surat keterangan dokter terlampir).

Demikian surat permohonan ini saya sampaikan. Atas izin yang diberikan saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat saya,

 

(Karni Mahfudz)


2. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Sakit II

Contoh surat izin tidak masuk kerja.

3. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja PNS

Menjadi seorang Pegawai negeri Sipil atau PNS tentunya memiliki aturan tersendiri, termasuk ketika berhalangan masuk kerja atau tidak bisa masuk kerja. Biasanya surat izin tidak masuk kerja untuk seorang PNS baik yang bekerja di dunia pendidikan atau lainnya akan sedikit lebih rumit.

Tapi pada dasarnya surat izin tidak masuk kerja bagi PNS saat ada halangan hampir sama dengan surat izin tidak masuk kerja lainnya. Berikut contoh surat izin tidak masuk kerja PNS.

Malang, 4 Maret 2019

Perihal : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja

Kepada Yth,
Bapak Kepala Dinas Pariwisata
Provinsi Jawa Timur
di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Diki Frebrian
NIP : 348978
Jabatan : Kepala Bidang Destinasi Pariwisata
Unit Kerja : Dinas Pariwisata Jawa Timur

Atas perhatian Bapak Kepala Dinas, saya ucapkan terimakasih.bahwa pada hari Senin tanggal 5 Maret 2019 tidak bisa masuk kerja karena sedang dalam keadaan sakit. Selama saya tidak bisa hadir kerja, saya berada di Rumah Sakit Premier Surabaya menjalani perawatan inap.

Hormat Saya,

 

(Diki Febrian)


4. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja PNS II

Bondowoso, 12 Maret 2019

Hal : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja
Lampiran : 1 (satu)Lembar

Kepada yang terhormat,
Kepala Dinas Pariwisata Bondowoso
di Tempat

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama Lengkap : Ilham Himawan
NIP : 947583 847584 8474
Pangkat/Gol.Ruang : Golongan III / B
Jabatan : Staff Bidang Destinasi Pariwisata
Alamat : Jl. Semanggi No 09 , Bondowoso

Dengan ini, saya ingin memberitahukan bahwa pada hari Selasa, 13 Maret 2019 tidak bisa bekerja seperti biasanya dikarenakan ada kepentingan keluarga yang sungguh mendesak. Sehubungan dengan hal itu, saya bermaksud untuk memohon izin tidak masuk bekerja pada tanggal tersebut.

Demikian surat izin saya sampaikan dengan sebenar-benarnya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Ilham Himawan


5. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Urusan Keluarga

Alasan izin sendiri bermacam-macam selain karena sakit, urusan keluarga yang mendesak kerap kali membuat kita tidak bisa masuk kerja. Seperti ada anggota keluarga yang menikah, melahirkan ataupun keperluan lainnya.

Kalau Anda berencana untuk tidak masuk kerja karena ada urusan keluarga yang memang tidak bisa ditinggalkan, berikut kami berikan beberapa contoh surat izin tidak masuk kerja karena urusan keluarga.

Solo, 15 Maret 2019

Hal : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja

Kepada yang terhormat,
Bapak/Ibu Pimpinan PT. Singkong Makmur
di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Gotas Sunjaya
Alamat : Jl. Jati Padang, No 24, Jakarta Selatan
Jabatan : Staff ADM dan Gudang

Dengan ini saya ingin memberitahukan bahwa pada hari Rabu ini, 15 Maret 2019 saya tidak dapat hadir untuk bekerja seperti biasa dikarenakan ada kepentingan keluarga di luar kota yang tidak dapat ditinggalkan. Sehubungan dengan hal tersebut, saya bermaksud memohon izin untuk tidak masuk kerja pada hari dan tanggal tersebut.

Demikian permohonan izin ini saya sampaikan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

(Gotas Sunjaya)


6. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Urusan Keluarga II

Palembang, 03 Maret 2019

Hal : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja

Kepada
Yang terhormat,
Kepala HRD PT. Ubi Makmur
Jl. Suka Singkong No 33, Palembang

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama Lengkap : Joko Sumanto
Alamat : Jl. Jendral Sudirman No 77, Palembang
Jabatan : Staff Pemasaran PT. Ubi Makmur

Dengan ini, saya ingin memberitahukan bahwa pada hari Rabu, 03 Maret 2019 tidak bisa bekerja seperti biasanya dikarenakan ada kepentingan keluarga yang sungguh mendesak. Sehubungan dengan hal itu, saya bermaksud untuk memohon izin tidak masuk bekerja pada tanggal tersebut.

Untuk pekerjaan yang saya tinggalkan selama saya izin, akan segera saya selesaikan setelah saya kembali bekerja. Besar harapan saya, Bapak/Ibu pimpinan memberikan izin kepada saya.

Demikian surat permohonan izin tidak masuk kerja yang saya sampaikan, atas perhatian dan kebijaksananya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

(Joko Sumanto)


7. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja dari RT/RW

Dalam perusahaan skala besar, terkadang surat izin tidak masuk kerja harus dibuat dengan benar-benar serius, salah satunya yaitu harus mencantumkan surat keterangan dari RT/RW tempat Anda tinggal, sebagai penguat alasan yang diajukan oleh pegawai/karyawan. Berikut kami berikan beberapa contoh surat izin tidak masuk kerja dari RT/RW.

Jepara, 03 Maret 2019

Perihal : Izin tidak masuk kerja
Lampiran : 1 (satu) lembar

Kepada Yth.
Bpk/Ibu Pimpinan PT. Indo Tekstil
di Jepara

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Hamzah Fauzanul Adzim
Alamat : Jl. Ahmad Yani No 43, Jepara
Jabatan : Staff Marketing

Dengan surat ini saya bermaksud untuk mengajukan permohonan izin tidak masuk kerja selama 3 hari yaitu pada tanggal 4 Maret 2019 sampai 7 Maret 2019 dikarenakan ada keperluan mengikuti prosedur pengangkatan ketua Karang Taruna di desa saya.

Sehubungan dengan keperluan tersebut, saya lampirkan surat keterangan dari ketua Rukun Tetangga (RT) setempat yang menyatakan bahwa kegiatan tersebut memang benar adanya.

Mengenai pekerjaan yang saya tinggalkan selama saya meminta izin, akan segera saya selesaikan segera setelah saya kembali bekerja.

Saya sangat berharap pihak perusahaan mengabulkan surat permohonan izin yang saya buat. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Hamzah Fauzanul Adzim

Baca Juga : Contoh Surat Izin Orang Tua Untuk Berbagai Keperluan


8. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja dari RT/RW II

PEMERINTAHAN KABUPATEN Cirebon
KECAMATAN Kapetakan
DESA Kedaton
RT. 004 RW. 002 SURAT KETERANGAN/PENGANTAR
Nomor : 456/355/IX/2019

Yang bertanda tangan dibawah ini Ketua RT 004 RW 002 Desa Kedaton, Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon, menerangkan dengan sebenarnya bahwa :

Nama : Furqon Chairolan
Jenis Kelamin : Pria
Tempat dan Tanggal lahir : Cirebon, 3 Desember 1988
Kewarganegaraan : Indonesia
Agama : Islam
Pekerjaan : Karyawan Swasta
Surat bukti diri : KTP Nomor 2347373309383
Alamat tempat tinggal : Gg. Mangga, no.12, Desa Kedaton Rt 0034 Rw 002, Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon.

Sesuai dengan nama yang tertera diatas, surat keterangan/pengantar ini dibuat untuk keperluan izin tidak masuk kerja ditempat kerja karena mengikuti prosedur pengangkatan ketua Karang Taruna Semangat Bakti Desa Kedaton.

Demikian surat keterangan/pengantar ini kami buat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya dengan penuh tanggung jawab.

Cirebon, 5 Juli 2019

Ketua RT 004 RW 002
Tanda tangan dan cap stempel

 

(Taufik Hidayat)


9. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Keluarga Meninggal

Setiap manusia yang bernyawa pasti akan meninggal, begitu juga dengan anggota keluarga kita. Kehilangan anggota keluarga pasti tidak bisa kita prediksi, sehingga seringkali kita kebingungan harus membuat surat izin tidak masuk kerja.

Tapi sebelum Anda membuat surat izin pastikan dahulu bahwa tempat atau perusahaan Anda bekerja akan memberikan izin.

Beberapa perusahaan atau instansi tidak mengizinkan pegawai atau karyawannya untuk tidak masuk kerja apabila yang meninggal bukan dari keluarga inti. Berikut kami berikan beberapa contoh urat izin tidak masuk kerja karena keluarga meninggal.

Palembang, 23 Maret 2019

Perihal : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja

Kepada Yth,
Bapak Pimpinan PT. Kencoro Building
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Surya Adipura
Jabatan : Staff Pemasaran
Alamat : Jl. Ketintang No. 34, Palembang

Dengan ini bermaksud memberitahukan bahwa kakak kandung saya baru saja meninggal kemarin malam dan akan dimakamkan hari ini, 23 Maret 2019. Oleh karena itu, saya bermaksud untuk meminta izin tidak masuk kerja kepada Bapak selama saya tidak bisa masuk ke.

Demikian surat permohonan izin tidak masuk kerja ini saya perbuat dengan sesungguhnya, atas perhatian dan izin dari Bapak, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

 

Surya Adipura


10. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Keluarga Meninggal II

Makasar, 23 Juli 2019

Kepada Yth
Pimpinan PT. Tactical Wear
Jl. Ahmad Yani No.76
Di Makasar

Dengan Hormat,
Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Maulana Mahfudz
NIP : 0934567
Jabatan : Staff Administrasi

Dengan ini, saya ingin mengajukan permohonan izin tidak dapat bekerja seperti biasanya dikarenakan ada suatu keperluan keluarga yaitu menghadiri pemakaman Kakek yang tinggal di Palembang. Demikian surat pengajuan izin saya ajukan selama 4 hari, terhitung sejak tanggal 24 Juli 2009 sampai dengan 27 Juli 2019.

Demikian surat permohonan izin ini saya buat. Besar harapan saya agar Bapak pimpinan berkenan memberikan izin kepada saya. Atas perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Maulana Mahfudz


11. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Menikah

Buat Anda yang sekarang masih belum menikah dan akan menikah suatu saat akan membutuhkan surat ini. Kepentingan menikah menjadi salah satu alasan yang lumrah bagi para pegawai atau karyawan untuk mengambil izin cuti.

Pastikan di dalam surat izin Anda mengemukakan alasan yang sesungguhnya bahwa tidak bisa masuk kerja karena menikah. Berikut kami berikan contoh surat izin tidak masuk kerja karena menikah.

Jakarta Utara, 1 Juli 2019

Perihal : Permohonan Cuti Menikah

Kepada Yth,
Bapak Pimpinan PT. Jaya Sakura
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Aji Hidayat
Jabatan : Staff Administrasi
Departemen : Produksi Barang
Alamat : Jl. Mangga dua  No. 46, Jakarta Utara

Dengan ini bermaksud mengajukan izin permohonan cuti menikah selama 7 hari, terhitung dari tanggal 1 Juli 2019 s/d 8 Juli 2019. Hal ini sehubungan dengan pernikahan saya yang akan dilaksanakan pada tanggal 3 juli mendatang. Demikian surat permohonan cuti menikah ini saya sampaikan dengan sebenarnya, atas perhatian dan izin dari Bapak saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya,

 

Anton Syahputra.


12. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Menikah II

Kendal, 12 April 2019

Perihal : Permohonan Cuti Menikah

Kepada Yth,
Bapak Budi Hartanto
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kendal
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Mahmud Fadli
NIP : 0843475553
Jabatan : Staff Administrasi
Unit Kerja : Dinas Perhubungan Kabupaten Kendal
Alamat : Jl. Melati Putih No 44, Kabupaten Kendal

Dengan surat ini bermaksud mengajukan permohonan izin cuti menikah selama 6 hari, terhitung dari tanggal 13 April 2019 s/d  19 April 2019 mendatang.

Demikian surat permohonan cuti ini saya sampaikan, atas perhatian dan izin dari Bapak Kepala Dinas, saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya,

 

(Mahmud Fadli)


13. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Mengikuti Kegiatan

Kita sebagai pegawai di suatu perusahaan terkadang memiliki kegiatan yang harus diikuti di luar agenda perusahaan kita bekerja. Jika agenda kegiatan tersebut penting dan tidak terlalu mengganggu pekerjaan yang sudah diwajibkan, biasanya perusahaan akan mengizinkan untuk tidak masuk kerja.

Berikut kami berikan contoh surat izin tidak masuk kerja karena mengikuti kegiatan.

Jepara, 23 Maret 2019

Perihal : Permohonan Izin Tidak Masuk  Kerja

Kepada Yth,
Bapak Budi Hartanto
Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Jepara
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Jaya Kusuma
Jabatan : Guru Matematika
Unit Kerja : SMA Negeri 3 Jepara
Alamat : Jl. Bangku No 44, Jepara

Dengan ini bermaksud memberitahukan jika saya harus mengikuti kegiatan pelatihan di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Jepara selama 3 hari, terhitung mulai dari hari ini Rabu, 23 Maret 2019. Oleh karena itu, saya meminta izin kepada Bapak selama mengikuti kegiatan pelatihan tersebut dan tidak bisa masuk kerja.

Demikian surat permohonan izin tidak masuk  kerja ini saya perbuat dengan sesungguhnya, atas perhatian dan kebijaksanaan dari Bapak, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

 

(Jaya Kusuma)


14. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Mengikuti Kegiatan II

Solo, 21 April 2019

Kepada Yth
Kepala PT. Indo Kencana
Jl. Patimura No 3 Solo

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Adi Jaya
Jabatan : Staff Pemasaran
Alamat : Jl. Kembang No

 

Mengajukan permohonan izin tidak dapat bekerja disebabkan harus mengikuti kegiatan KKN yang diwajibkan pihak universitas dan harus berdomisili sementara di Jawa Timur. Adapun pengajuan izin yang saya ajukan selama 3 hari, mulai dari tanggal 22 Maret hingga 25 Maret 2018.

Demikian Surat permohonan ini saya buat berharap agar Bapak berkenan memberikan izin, atas pemberian izin Bapak, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Adi Jaya


15. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Orang Tua Sakit

Kita sebagai anak yang berbakti tentu saja ketika orang tua kita sakit, tidak akan membiarkan orang tua begitu saja hanya demi pekerjaan. Sebuah perusahaan tentu akan memaklumi apabila orang tua kita sakit untuk tidak masuk kerja, akan tetapi tetap kita harus memberikan alasan tersebut dengan baik.

Berikut kami berikan contoh surat izin tidak masuk kerja karena orang tua sakit.

Madura, 17 Maret 2019

Perihal : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja

Kepada Yth,
Kepala Personalia PT. Putra Sujiana
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Indah Kusmawati
Jabatan : Staff Pemasaran
Alamat : Jl. Kunang Lima No 23, Madura

Dengan ini bermaksud untuk meminta izin kepada Bapak untuk tidak masuk kerja selama 3 hari, terhitung mulai dari hari ini Selasa, 18 Maret 2019. Hal tersebut dikarenakan Orang Tua  saya sedang sakit dan menjalani perawatan intensif di RSU Anna Medika Madura, yang mana menurut keterangan dokter membutuhkan waktu 3 hari.

Demikian surat permohonan izin tidak masuk kerja ini saya perbuat dengan sebenarnya, atas perhatian dan izinnya , saya ucapkan terimakasih

Hormat Saya,

 

(Indah Kusmawati)


16. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Anak Sakit

Sakit tidak hanya menyerang orang dewasa saja, begitu juga dengan anak-anak. Banyak pegawai atau karyawan yang sudah berkeluarga terpaksa tidak bisa masuk kerja karena anaknya sakit.

Alasan karena anak sakit biasanya dianggap alasan yang lumrah dan dimaklumi oleh perusahaan. Berikut kami berikan contoh surat izin tidak masuk kerja karena anak sakit.

Pati, 8 Januari 2018

Yang terhormat,
Kepala Bagian Personalia PT. Pispot Jaya
Jl. Kamboja No 9, Jakarta Selatan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama   : Adrian Rafi
Alamat : Jl. Jati Padang No 43, Jakarta Selatan
Jabatan : Staff Administrasi

Dengan ini bermaksud untuk memohon izin tidak dapat masuk kerja selama 3 hari terhitung sejak hari ini dikarenakan mengurus Anak saya yang sedang sakit. Bersama surat ini saya sertakan pula surat keterangan hasil pemeriksaan kesehatan dari dokter Rumah Sakit Jakarta Medical Center (JMC).

Demikian permohonan izin ini saya sampaikan. Atas perhatian serta kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

(Adrian Rafi)


17. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Anak Sakit II

Semarang, 14 April 2019

Yang terhormat,
Kepala Bagian Personalia
PT. Indah Kargo
Jl. Ahmad Yani No 4, Semarang

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Yayan Ruhiyan
Tempat Tanggal Lahir : Semarang, 8 November 1984
Jenis Kelamin : Laki-laki
Alamat : Jl. Merdeka No. 5, Semarang
Jabatan : Staff Pemasaran

Berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter di RSUD Tugurejo Semarang terhadap anak saya yang menyatakan bahwa anak saya harus menjalani rawat inap di RSUD Tugurejo Semarang. Sehubungan dengan hal tersebut, saya ingin mengajukan surat permohonan izin tidak dapat masuk bekerja selama 3 hari terhitung mulai tanggal 15 April 2019 hingga 17 April 2019.

Mengenai tugas-tugas yang seharusnya menjadi tanggung jawab saya, akan segera saya selesaikan saat saya sudah mulai bekeja.

Demikian surat permohonan izin ini saya sampaikan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

(Yayan Ruhiyan)

Itulah beberapa contoh surat izin tidak masuk kerja yang dapat kami berikan. Semoga dengan membaca contoh-contoh surat di atas bisa memudahkan Anda dan bisa dijadikan sebagai referensi ketika menulis surat. Terima kasih semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply