Cara Mengeluarkan Ulat Gigi Dengan Bahan-Bahan Alami

Cara Mengeluarkan Ulat Gigi Dengan Bahan-Bahan Alami
By Pixabay

Penyebab ulat gigi muncul bisa karena beberapa hal. Penyebab yang paling sering terjadi selain karena gigi berlubang dan keropos diantaranya, seringkali kita membiarkan makanan sisa-sisa membusuk di gigi dan sering menggosok gigi terlalu kuat, ini juga bisa membuat gigi rapuh dan memudahkan jalan ulat masuk ke dalam.

Berikut beberapa cara mudah mengunakan bahan-bahan alami yang juga mudah didapatkan untuk menghilangkan ulat gigi.

1.Menggunakan Air Garam

Garam-Cara mengeluarkan ulat gigi

Salah satu cara paling ampuh menghilangkan ulat gigi maupun mengobati sakit gigi, yaitu berkumur dengan air garam.

Caranya cukup mudah, larutkan 1/2 sdt garam ke dalam gelas berisi air hangat 240 ml. Kumur-kumurkan dalam mulut beberapa saat, fokuskan pada area gigi yang berlubang atau terasa sakit. Kemudian buang bekas air kumur tadi.

Garam akan menyerap kelembaban dalam mulut, dengan meningkatkan pH mulut ke lingkungan yang tidak cocok untuk tumbuhnya bakteri, dan akan membantu membunuh bakteri dalam mulut.

2.Menggunakan Bawang Putih

Bawang putih merupakan obat paling ampuh juga untuk menghilangkan ulat gigi karena mengandung alicin. Allicin adalah senyawa aktif yang bersifat tidak stabil, dan efektif membunuh mikroba, seperti kuman penyebab infeksi dan ulat gigi.

Caranya cukup mudah, ambil satu atau dua siung bawang putih yang sudah dikupas. Tumbuk bersama dengan satu sendok teh garam sampai halus. Kalau adonan terlalu kering kita bisa tambahkan olive oil sampai adonan menjadi seperti pasta. Ambil sedikit dan oleskan pada gigi yang berlubang kurang lebih 30 menit.

Hal ini bisa dilakukan empat kali sehari.

3.Menggunakan Jahe

Manfaat jahe untuk kesehatan gigi sudah tidak diragukan lagi dengan sifat anti bakteri dan anti radang, jahe juga dapat mengeluarkan ulat pada gigi kita.

Caranya cukup mudah, hanya dengan mengunyah jahe. Jahe memang ketika kita kunyah akan terasa pedas, namun jangan khawatir dengan rasa pedas ini, tahankan beberapa saat agar dapat mengeluarkan ulat gigi pada gigi anda.

4.Menggunakan Baking Soda

Salah satu cara alami selanjutnya, yaitu dengan memanfaatkan baking soda. Diketahui bahwa baking soda merupakan salah satu obat kumur alami yang memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaatnya juga bisa mengeluarkan ulat gigi.

Caranya, larutkan satu sendok makan baking soda ke dalam satu gelas air, lalu gunakan larutan itu untuk berkumur-kumur. Bisa dilakukan sehabis menggosok gigi setiap hari.

Jika ingin cara yang lebih cepat, tempelkan baking soda secara langsung di gigi, diamkan beberapa waktu, setelah itu baru berkumur-kumur menggunakan air hangat.

5.Menggunakan Daun Pandan

Daun pandan-Cara mengeluarkan ulat gigi

Daun pandan juga bisa digunakan untuk mengeluarkan ulat gigi, daun pandan sendiri memiliki banyak nutrisi kandungan yang penting dalam tubuh seperti, tannin, glikosida dan juga alkanoid.

Cara mengaplikasikannya pun bermacam-macam. Anda bisa menjadikan air rebusan daun pandan untuk berkumur-kumur, bisa juga dengan menumbuk daun pandan dan mengoleskannya ke gigi yang sakit.

6.Mengunyah Daun Pisang

Daun pisang merupakan salah satu obat juga untuk mengeluarkan ulat gigi. Daun pisang dikenal memiliki sifat detoksifikasi, dengan kita mengunyah daun pisang dengan gigi yang sakit, itu dapat membunuh ulat-ulat pada gigi kita.

7.Menggunakan Cuka Sari Apel

Cuka sari apel mengandung properti antibakteri dan antimikrobial dan juga memiliki sifat anti-inflamasi, yang mampu untuk membunuh ulat pada gigi yang berlubang, karena mengandung asam malat dan asam asetat. Selain itu cuka sari apel juga bisa menyeimbangkan pH di dalam mulut kita.

Caranya bisa dengan dibuat obat kumur, kumur dan tahan larutan cuka di daerah gigi yang sakit kurang lebih selama 30 detik, dan buang. Jika tidak tahan dengan rasa masam dari cuka, cukup dengan mencelupkan bola kapas pada cairan cuka sari apel, kemudian tempelkan pada gigi kita yang berlubang selama beberapa menit.

8.Menggunakan Minyak Cengkeh

Beberapa penelitian mengungkapkan, minyak cengkeh mengandung senyawa eugenol, yang bisa meringankan gejala sakit gigi. Cengkeh juga mengandung sifat antijamur, antibakteri dan antioksidan. Karena efek inilah cengkeh dipercaya bisa meringankan rasa sakit pada gigi.

Caranya gunakan kapas kecil dan beberapa tetes minyak cengkeh, kemudian tempelkan pada gigi yang sakit atau berlubang. Tapi cara ini hanya untuk meredakan yang sifatnya sementara, karena belum ada cukup bukti medis bahwa cengkeh efektif untuk mengatasi ini, sehingga dibutuhkan studi lebih lanjut untuk memastikannya.

9.Menggunakan Lada Hitam

Lada hitam juga dikenal memiliki kandungan antibakteri, anti-flamasi dan analgesik properti.

Untuk cara mengunakannya kita bisa campurkan lada hitam dan garam dengan jumlah yang sama dan beberapa tetes air sampai berbentuk seperti pasta. Bisa kita oleskan pada gigi yang terdapat ulat gigi atau bisa juga kita gunakan pasta ini untuk menggosok gigi.

10.Menggunakan Kunyit

Seperti yang sudah kita ketahui, manfaat kunyit dalam kehidupan sehari-hari sangat banyak, tidak terkecuali untuk kesehatan gigi kita. Komponen utama yang ada pada kunyit adalah curcumin. yang memiliki sifat antiseptik, antibiotik dan anti-inflamasi yang dapat membunuh ulat pada gigi kita.

Caranya cukup dengan mengunyah kunyit mentah atau bisa juga dibuat seperti pasta, bubuk kunyit dicampur dengan sedikit minyak mustrad lalu oleskan pada gigi yang berlubang.

11.Menggunakan Perasan Air Lemon

Air lemon-Cara mengeluarkan ulat gigi

Lemon juga dikenal bisa mengatur kadar pH dalam mulut, memiliki anti virus dan anti bakteri yang kuat, yang akan mengeluarkan ulat gigi dari gigi kita.

Caranya, campurkan perasan air lemon dengan garam, kemudian gunakan untuk menggosok gigi yang berlubang.

12.Menggunakan Minyak Peppermint

Selama lebih dari seribu tahun, peppermint telah digunakan untuk menyegarkan nafas secara alami.

Namun bukan hanya itu, minyak peppermint juga dikenal dapat membantu menghilangkan ulat gigi, karena memiliki sifat anti bakteri dan antivirus yang kuat.

Caranya anda bisa meneteskan minyak peppermint di daerah gigi anda yang sakit atau berlubang.

13.Menggunakan Minyak Pohon Teh (Tea Tree Oil)

Minyak pohon teh juga bisa untuk membantu menghilangkan ulat gigi. Dikenal memilki sifat antiseptic dan anti-inflamasi yang dapat melawan rasa sakit dan membunuh ulat pada gigi. Selain itu juga dapat meredakan peradangan dan infeksi.

Cara mengaplikasikannya cukup gunakan bola kapas yang telah ditetesi beberapa tetes minyak pohon teh dan tempelkan pada gigi yang berlubang atau sakit.

14.Menggunakan Cabai Rawit

Cabai rawit juga salah satu obat mujarab untuk mengeluarkan ulat gigi. Zat panas yang ada dalam cabai rawit, dikenal juga sebagai zat capsaicin, dapat berfungsi meringankan rasa sakit.

Capsaicin merupakan bahan kimia nabati yang berasal dari alam. Bahan ini terdapat dalam cabai untuk sistem pertahanan dirinya agar tidak di makan oleh pemangsa seperti hewan.

Dengan rasa pedas dan panas yang ada dalam cabai rawit ini dapat membuat ulat gigi mati, jika dioleskan pada bagian gigi yang berlubang. Pengaplikasiaanya cukup haluskan cabai rawit, kemudian oleskan pada bagian gigi anda yang berlubang walau terasa panas dan perih.

Bagi anda yang sudah terindikasi adanya ulat gigi, bisa untuk segera diatasi. Jika semakin lama dibiarkan maka ulat gigi bisa semakin kuat dan tidak mudah lagi. Selamat mencoba.

Leave a Reply