7+ Cara Memutihkan Wajah Dengan Jeruk Nipis

7+ Cara Memutihkan Wajah Dengan Jeruk Nipis

Dari beragam bahan alami yang bisa digunakan untuk memutihkan wajah, memutihkan wajah dengan jeruk nipis menjadi salah satu alternatif yang cukup berkhasiat. Dalam dunia kecantikan, jeruk nipis menjadi salah satu primadona karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi.

Buah berukuran kecil ini selain mengandung vitamin C, ia juga memiliki zat asam alfa-hidrokasi (AHA) yang dapat membantu membuka pori-pori wajah yang tersumbat dan mampu mengangkat sel-sel kulit mati yang ada di wajah kita.

Kali ini kita akan membahas bagaimana cara memutihkan wajah dengan jeruk nipis dan manfaat lainnya dari jeruk nipis untuk wajah.

Cara Memutihkan Wajah dengan Jeruk Nipis

Cara memutihkan wajah dengan jeruk nipis
By Pixabay

Jeruk nipis sendiri sudah memiliki kandungan manfaat yang banyak sebagaimana yang dijelaskan di atas, kali ini kita akan membuat ramuan jeruk nipis dan bahan-bahan alami lainnya untuk memutihkan wajah yang tentunya cukup simpel, aman dan tidak membutuhkan modal tinggi.

1. Jeruk Nipis

Cara yang pertama bagaimana cara mengaplikasikan jeruk nipis itu sendiri tanpa campuran bahan lainnya. Buah memiliki vitamin C yang cukup tinggi , dimana vitamin ini ampuh membuat kulit kusam menjadi cerah kembali, dan kandungan niacin (vitamin B) mampu berguna dalam menghambat pigmentasi kulit.

Cara penggunaan :

  • Peras jeruk nipis dan ambil sarinya.
  • Kemudian oleskan ke seluruh wajah.
  • Diamkan selama kurang lebih 15 menit, baru dibilas.

2. Jeruk Nipis dan Madu

Madu sudah lama dikenal dalam menangani perawatan kulit, madu bisa membantu mengembalikan kelembaban kulit. Dan kandungan vitamin C-nya berperan untuk menjaga kulit dari radikal bebas dan mampu mengangkat sel-sel kulit mati.

Cara penggunaan :

  • Siapkan 1 sendok makan madu dan tambahkan sedikit perasan jeruk nipis.
  • Oleskan secara merata pada wajah sambil dipijat-pijat.
  • Kemudian diamkan selama 15 menit, baru dibilas.

3. Jeruk Nipis dan Minyak Zaitun

Minyak zaitun sejak zaman romawi kuno telah dimanfaatkan sebagai bahan alami perawatan kulit. Minyak ini mengandung vitamin E yang berguna melindungi kulit kita dari sengatan matahari dan dapat menghaluskan serta membantu proses regenerasi.

Cara Penggunaan :

  • Campurkan 1 sendok teh minyak zaitun dengan sedikit perasan jeruk nipis.
  • Kemudian oleskan pada wajah secara menyeluruh.
  • Diamkan selama 15 menit, baru dibilas.
  • Pemakaian secara rutin masker ini dapat membantu mencerahkan wajah, bisa digunakan 2 kali dalam seminggu.

4. Jeruk Nipis dan Pepaya

Menurut penelitian pepaya mengandung pro-vitamin A (betakaroten) dan vitamin C yang tinggi. Perpaduan jeruk nipis dan pepaya dapat menjaga kulit kita dari evek buruk radikal bebas seperti asap kendaraan dan sinar UV. Selain itu juga dapat membantu perbaikan sel-sel kulit mati.

Cara Penggunaan :

  • Siapkan beberapa potong buah pepaya dan haluskan menggunakan blender.
  • Kemudian tambahkan perasan jeruk nipis, dan aduk hingga tercampur rata.
  • Setelah itu oleskan ke wajah secara merata, bisa menggunakan kuas atau tangan.
  • Tunggu beberapa menit hingga masker mengering, dan bilas dengan air.

5. Jeruk Nipis dan Putih Telur

Telur tidak hanya enak untuk dikonsumsi saja. Tapi juga bagus digunakan sebagai masker wajah, terutama bagian putih telur , karena mengandung protein dan beragam senyawa lain yang dapat memutihkan, mencerahkan wajah dan menghilangkan jerawat.

Cara Penggunaan :

  • Siapkan telur, pecahkan dan ambil putihnya saja masukkan ke dalam wadah.
  • Tambahkan perasan jeruk nipis dan aduk hingga rata.
  • Setelah diaduk rata, oleskan pada wajah secara merata.
  • Diamkan kurang lebih selama 30 menit, baru di bilas.

6. Jeruk Nipis dan Tomat

Tomat dikenal dengan kandungan vitamin E-nya yang tinggi, sehingga dapat membantu memutihkan wajah dan mengatasi kulit kendur.

Cara Penggunaan :

  • Siapkan setengah bagian tomat dan haluskan dengan blender.
  • Masukkan ke dalam wadah dan campurkan dengan perasan jeruk nipis.
  • Aduk hingga rata, kemudian oleskan pada wajah sebagai masker.
  • Tunggu sekitar 30 menit, baru dibilas dengan air bersih.

7. Jeruk Nipis dan Pisang

Pisang salah satu buah yang mengandung vitamin C cukup tinggi dan kaya akan nutrisi. Dengan mencampurkan pisang dan jeruk nipis, kulit kita akan ternutrisi penuh oleh vitamin C dan membuatnya semakin cerah.

Cara Penggunaan :

  • Siapkan setengah buah pisang dan masukkan dalam gelas, kemudian hancurkan menggunakan sendok.
  • Campurkan sedikit perasan jeruk nipis.
  • Oleskan pada wajah sebagai masker hingga merata.
  • Tunggu hingga beberapa menit, baru bilas dengan air bersih.

8. Jeruk Nipis dan Bengkoang

Buah berwarna putih ini sudah banyak yang memanfaatkannya untuk perawatan wajah, karena memang terkenal ampuh untuk mencerahkan wajah. Ditambah dengan mencampurkannya dengan jeruk nipis tentu manfaat yang didapatkan akan lebih maksimal.

Cara Penggunaan :

  • Siapkan beberapa potong bengkoang, dan haluskan dengan blender.
  • Masukkan ke dalam wadah dan campurkan dengan sedikit perasan jeruk nipis.
  • Kemudian oleskan pada wajah secara merata.
  • Diamkan sekitar 30 menit, baru bilas dengan air bersih.

Manfaat Lain Jeruk Nipis untuk Wajah

Manfaat lain jeruk nipis untuk wajah
By Pixabay

Dengan kandungan nutrisi yang melimpah, khasiat dari jeruk nipis tidak hanya untuk memutihkan kulit saja. Buah ini memiliki beberapa manfaat lain untuk perawatan wajah. Berikut beberapa manfaatnya :

1. Mengatasi Wajah Berminyak dan Berjerawat

Wajah berminyak biasanya lebih mudah dihinggapi jerawat, dibanding dengan wajah normal dan kering. Nah, jerawat ini tentu tidak boleh dibiarkan begitu saja, karena semakin lama dibiarkan, bakteri dalam pori-pori bisa saja berkembang dan membuat jerawat semakin meradang.

Cara mengatasinya bisa menggunakan perasan jeruk nipis, karena sifat antibiotik yang dimilikinya dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan jerawat. Untuk mendapatkan hasil maksimal bisa mencampurkannya dengan madu.

2. Menyamarkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam di Wajah

Bagi kita yang memang sudah pernah mengalami peradangan pada wajah karena jerawat, dan ingin segera menghilangkan bekasnya juga. Kita bisa menghilangkannya dengan perasan jeruk nipis dibagian kulit wajah yang bermasalah.

Untuk pengaplikasian jeruk nipis pada wajah akan meniggalkan rasa perih karena kandungan asam yang tinggi, untuk itu jangan terlalu lama didiamkan . Segera bilas dengan air bersih setelah 15 menit pemakaian.

3. Membersihkan Komedo

Tidak hanya jerawat, komedo juga bisa dituntaskan dengan jeruk nipis. Tapi untuk memberikan hasil yang maksimal agar proses pembersihan komedo bisa lebih cepat, kita harus mencampurkanya dengan garam.

Kombinasi antara garam dan jeruk nipis membantu mengangkat komedo membandel. Walaupun hasilnya tidak instan, namun ketika kita menggunakannya secara teratur dengan sendirinya akan memudar.

4. Mengecilkan Pori-Pori Kulit

Salah satu masalah yang sering dialami wanita maupun pria adalah kondisi pori-pori kulit yang membesar. Hal ini tentunya cukup mengganggu, sebab pori-pori besar tidak hanya merusak penampilan, tapi juga membuat wajah lebih mudah berminyak, berjerawat, kusam dan susah untuk diaplikasikan make up bagi wanita.

Dibutuhkan perawatan khusus untuk bisa mengecilkan pori-pori pada kulit wajah, salah satunya dengan perasan jeruk nipis, karena di dalamnya mengandung astrigent yang membantu memperbaiki kerusakan tekstur kulit sekaligus mengecilkan pori-pori kulit wajah.

Itulah beberapa cara memutihkan wajah dengan jeruk nipis. Tapi perlu diingat jangan terlalu sering menggunakan jeruk nipis sebagai masker wajah, cukup mengaplikasikannya sekali dalam seminggu.

Di samping itu yang perlu juga diperhatikan juga, hindari sinar matahari langsung setelah menggunakan masker jeruk nipis, karena jeruk nipis bersifat asam, apabila terkena sinar matahari bisa menyebabkan iritasi. Cara mengatasinya bisa gunakan sunblock atau sunscreen untuk melindungi wajah.

Selamat mencoba!

Leave a Reply