Cara Install WordPress di Localhost Terbaru 2021

Cara Install WordPress di Localhost Terbaru 2021

Menginstal WordPress di locahost atau di komputer secara offline adalah salah satu pilihan yang tepat buat kita yang masih belajar utak-atik WordPress. Karena bila kita menginstalnya secara online dan kita masih belum familiar dengan WordPress maka hanya buang-buang duit aja.

Namun belajar mengoperasikan WordPress selamanya hanya di localhost saja juga gak ada gunanya. Jadi untuk belajar sebaiknya kita menggunakan localhost, namun kalau sudah bisa mengoperasikan WordPress, maka sebaiknya kita belajar menggunakan WordPress secara online dengan menggunakan domain dan hosting sungguhan.

Bagaimana menginstal WordPress di localhost secara offline? Berikut tata cara lengkapnya.

Langkah Pertama

Langkah pertama yang harus kita siapkan terlebih dahulu sebelum menginstal WordPress di localhost adalah menyiapkan beberapa tool yang akan dibutuhkan berikut ini :

  1. Aplikasi Xampp Terbaru (download di apachefriends.org)
  2. CMS WordPress terbaru (download di wordpress.org)
  3. Laptop / Komputer yang masih bisa dipake 😁

Jika sobat sudah memiliki aplikasi Xampp-nya maka sobat bisa langsung ke langkah kedua, namun jika belum memiliki aplikasi Xampp-nya, maka silahkan sobat download terlebih dahulu, jika sudah didownload jangan lupa untuk menginstal aplikasinya.

Langkah Kedua

Pada langkah kedua ini kita akan membuat database dan proses instalasi WordPress-nya.

Membuat Database

Untuk membuat database, pertama jalankan aplikasi Xampp-nya terlebih dahulu. Lalu pada bagian Apache dan MySQL pastikan sudah berjalan (start).

Menjalankan Aplikasi Xampp

 

Setelah aplikasi Xampp, Apache dan juga MySQL-nya sudah berjalan. Lalu kita buka Aplikasi Browser-nya. Bisa menggunakan Browser Mozilla ataupun menggunakan Google Chrome.

Pada search bar ketikkan localhost dan tekan enter. Setelah itu nanti akan muncul halaman utama dari Xampp-nya. Pada menu yang muncul dihalaman tersebut, pilih phpMyAdmin.

Membuat database

Nanti kita akan masuk dihalaman phpMyAdmin. Pada halaman tersebut, selanjutnya kita akan membuat database untuk instalasi WordPress dilocalhost.

Pilih menu Database lalu pada pada kolom Create database tuliskan nama database yang sobat inginkan. Nama database ini bebas sesuai yang sobat inginkan. Akan tetapi biasanya saya menamai database sesuai website saya.

Dalam contoh ini saya membuat nama database-nya dengan nama kopi_luwak kemudian klik menu Create.

Membuat Nama Database

Jika pembuatan database sudah berhasil, nanti akan muncul ditampilan bagian sebelah kiri halaman phpMyAdmin tersebut, sesuai dengan nama database yang sobat buat.

Berhasil Membuat Database

Nah jika sudah berhasil, selanjutnya kita akan memulai proses instalasi WordPressnya.

Instalasi WordPress

Untuk lanjut melakukan instalasi WordPress, pertama kita ekstrak terlebih dahulu file WordPress terbaru yang sudah kita download sebelumnya.

Ekstrak File WordPress

Jika sudah di ekstrak, pindahkan folder WordPressnya di LocalDisk (C) – xampp – htdocs. Seperti berikut.

Memindahkan File WordPress di Htdocs

Jika sudah dipindah, sobat bisa membiarkan nama folder WordPress tersebut secara default (wordpress) atau menggantinya. Dalam hal ini saya mengganti sesuai dengan nama database yang saya buat diatas.

Folder WordPress ini bisa sobat ganti nama menjadi apa saja, sesuai keinginan sobat, yang terpenting masih belum di instal, namun jika nanti sudah selesai proses instalasinya, usahakan jangan sampai diubah-ubah lagi, karena akan terjadi error pada website localhostnya.

Mengganti Nama Folder WordPress

Jika sudah, selanjutnya buka browser sobat dan ketikkan localhost/nama_folder_wordpress_sobat/. Dalam contoh ini karena folder WordPress saya sudah diganti menjadi kopiluwak maka pada browser saya ketikkan seperti berikut localhost/kopiluwak/. Untuk sobat sesuai dengan nama folder WordPress sobat.

Lalu nanti akan muncul halaman untuk memulai install WordPress localhostnya. Klik aja menu Let’s go!.

Langkah Install WordPress 1

Lalu pada langkah ke-dua, sobat akan disuruh memasukkan nama database, username, password dan lain-lain.

Langkah Install WordPress 2

Pada Database Name isikan dengan nama database yang sobat buat sebelumnya. Dalam contoh ini saya menggunakan kopi_luwak.

Lalu pada Username isikan dengan root, pada Password kosongin aja, dan yang lainnya biarkan saja default.

Jika sudah, klik aja menu Submit, lalu sobat akan diarahkan kehalaman Instalasi WordPress-nya.

Langkah Install WordPress 3

Klik aja menu Run the instalation dan proses instalasi WordPress akan segera berlangsung.

Setelah itu sobat akan disuruh untuk mengisi kelengkapan website localhost sobat, seperti judul, username, password dan juga email.

Langkah Install WordPress 4

Isi sesuai website sobat. Untuk Password pastikan menggunakan password yang sulit. Dalam contoh tersebut karena saya menggunakan password yang mudah, jadinya berwarna erah dan harus mencentang Confirm use of weak password.

Jangan lupa isikan pula email sobat, jika sudah lengkap semua klik menu Install WordPress.

Jika proses instalasinya sudah berhasil, nanti akan muncul seperti gambar dibawah ini.

Langkah Install WordPress 5

Selanjutnya sobat sudah bisa masuk ke Dashboard WordPress localhost sobat menggunakan Username dan Password yang sudah sobat masukkan sebelumnya.

Login WordPress

Berikut ini adalah tampilan Dashboard WordPress localhost. Sangat mirip dengan tampilan Dashboard WordPress yang online.

Dashboard website

Berikut adalah tampilan halaman utama (default) WordPress localhost yang sobat buat.

Halaman Utama WordPress Localhost

Sampai disini instalasi WordPress di localhost sudah berhasil dan website WordPress localhost sobat sudah dapat sobat gunakan sesuai dengan keinginan sobat.

Disini sobat bisa mencobat menulis artikel pertama pada menu Post – New Post pada halaman dashboard WordPress sobat.

Selain menulis artikel pertama sobat, sobat juga bisa mengganti theme atau template yang sobat inginkan di menu Appearance – Theme dan memilih theme yang sobat inginkan.

Nah cukup mudah kan cara install WordPress di Localhost? Install WordPress di locahost ini cocok banget buat sobat yang ingin belajar membuat Website WordPress namun belum bisa atau masih belum memiliki Hosting dan Domain sendiri.

Namun apabila sobat ingin belajar menggunakan WordPress secara online sobat bisa menggunakan Hosting sebagai media instalasinya, selain hosting sobat juga mebutuhkan domain untuk dapat melakukan instalasi WordPressnya.

Dimana Tempat Beli Hosting dan Domain Terbaik?

Niagahoster

Nah bagi sobat yang bener-bener pengen bisa menggunakan WordPress secara online sobat bisa menggunakan layanan Hosting dan Domain yang murah dengan layanan terbaik.

Salah satu penyedia layanan domain dan hosting terbaik yang ada di Indonesia adalah Niagahoster.

Di Niagahoster tersedia banyak jenis paket hosting dan domain yang sobat inginkan, bukan hanya itu, bahkan sobat juga bisa bikin web gratis di Niagahoster.

Adapun beberapa layanan yang diberikan oleh layanan Niagahoster diantaranya adalah :

  • Unlimited hosting mulai dari Rp. 10rb
  • Cloud hosting mulai dari Rp. 150rb
  • Cloud VPS mulai dari 104rb
  • Domain mulai dari 14rb, dan
  • Pembuatan web gratis

Apabila sobat tidak puas dengan layanan jasa yang diberikan oleh Niagahoster, mereka juga menyediakan garansi uang kembali yang berlaku 30 hari sejak tanggal pembelian.

Jadi sobat nggak perlu khawatir untuk menggunakan layanan penyedia hosting dan domain dari Niagahoster.

Tinggalkan Balasan